Minggu, 13 Maret 2011

AIR : Untuk Kesehatan, Penyembuhan, dan Kehidupan

Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Bagaimana pun, 2/3 dari badan manusia adalah air. Sesungguhnya saat metabolisme tubuh kita tidak stabil, kita tidak sakit tetapi hanya kekurangan air.
Salah satu kesalahan besar dalam ilmu kedokteran terhadap air adalah adanya pemikiran bahwa air adalah suatu bahan sederhana yang hanya melarutkan dan mengedarkan bahan bahan lain. Air bukan bahan pelarut sederhana. Ia memiliki dua manfaat utama dalam tubuh. Yang pertama adalah manfaat menjaga kehidupan. Peran lain air, dan lebih penting, adalah fungsi memberi kehidupan. Ilmu kedokteran modern hanya mengenali manfaat menjaga kehidupan dari air. Inilah sebabnya mengapa dehidrasi kronis yang tidak disengaja pada akhirnya adalah sebuah proses yang mengancam jiwa yang tidak dikenali. Kita perlu mengenali dan memahami proses penyelamatan kesehatan dan hidup kita secara alami.
Air Berbeda dengan Cairan
Wajar kita bertanya tanya mengapa kita harus meminum air bukan minuman lain yang berasa enak yang sekarang menjadi minuman pokok masyarakat modern. Bagaimana pun minuman-minuman ini dibuat dari air dan bertugas menghilangkan rasa haus atau paling sedikit kita menganggapnya seperti itu. Sebenarnya banyak masalah kesehatan yang  timbul berdasarkan pendapat yang keliru ini. Dalam hal kimiawi tubuh, air dan cairan adalah dua hal yang berbeda. Minuman buatan pabrik populer mengandung beberapa bahan kimia yang mengubah kimiawi tubuh di pusat-pusat pengendali sistem saraf pusat. Misalnya kafein. Bahan-bahan ini membuang air di mana mereka larut, ditambah air dari cadangan tubuh. Ketika kita minum kopi, teh, atau bahkan bir, tubuh kita mengeluarkan lebih banyak air daripada air yang terkandung di dalam minuman tersebut.
Susu pun tidaklah sama dengan air. Susu adalah makanan dan harus diperlakukan sebagai makanan.
Tubuh membutuhkan air. Tidak ada yang dapat menggantikan air. Teh, kopi, soda, alkohol, bahkan susu dan jus tidaklah sama dengan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar